Thursday, June 2, 2011

Teka-teki Dolar yang hilang

3 orang mau nginep di hotel buat threesome, kata si resepsionis hotel harga sekamarnya 30$/semalam. Lalu  mereka patungan, 10$ perorang, beberapa saat kemudian menejer hotel sadar bahwa sebenernya harga tu kamar semalamnya 25$ jadi ada kelebihan 5$. Sang menejer kemudian menyuruh seorang roomboy tuk mengembalikan 5$ kepada 3orang tersebut, eh tapi dasar tu roomboy dari Indonesia maka ama si roomboy dikorup 2$, hanya mengembalikan ke tiga orang tersebut 3$ jadi tiap orang dapet 1$

Berarti tiap orang membayar 9$ untuk menginap semalam dihotel totalnya berarti 3×9=27$, si roomboy ngorup 2$, jadi 27+2=29$, nah lho trus kemana 1$ lagi??


Jawab:
Tu teka-teki udah gw dapet pas gw smp atau sma, awalnya gw bingung tapi akhirnya gw dapat pencerahan untuk menjawabnya

Perhatikan kalimat terakhirnya
“Berarti tiap orang membayar 9$ untuk menginap semalam dihotel totalnya berarti 3×9=27$, si roomboy ngorup 2$, jadi 27+2=29$, nah lho trus kemana 1$ lagi??”

Saya mengarisbawahi kata ngorup yang merupakan EYD (Ejaan Yang Dihancurkan :) ) dari kata mengkorupsi, dan kita semua tau mengkorupsi artinya mengambil yang bukan haknya, dan yang namanya mengambil seharusnya dikurangi bukan ditambah. Jadi 27$-2$=25$ haraga sewa kamar semalamnya.
Coba dech baca kembali , pahami, resapi, dan nikmati  teka-teki tersebut. Harga sewa semalamnya 25$, tiga orang membayar 9$/orang totalnya 27$ ama si roomboy diembat 2$.

Nah gak ada yang aneh kan??

No comments:

Post a Comment